Sekarang ini sering dikenal istilah Disability Children atau Children With Disabilities. Hal itu digunakan untuk menjelaskan anak-anak yang perlu mendapatkan pendidikan khusus. Salah satu gangguan tersebut sering disebut sebagai Disability Learning. Tapi jika ditinjau lebih lanjut, ada yang aneh pada gangguan ini. Disability diartikan sebagai ketidakmampuan dimana anak mempunyai intelegensi normal atau diatas rata-rata, serta tidak mampu dalam satu bidang pelajaran atau lebih. Dari definisi itu ditemukan sebuah keanehan. Teori tersebut mengatakan bahwa anak dengan IQ rata-rata bahkan diatas normal jika tidak mampu dalam satu bidang pelajaran digolongkan dalma anak berkebutuhan khusus. Bukankah itu aneh??? Jika teori itu berkata demikian, gimana anak yang memang normal??? Bukan kah itu wajar jika seorang anak tidak menguasai satu bidang pelajaran tertentu??
Pembahasan sementara :
Memang benar juga seperti yang di ungkapkan di atas. Tapi mungkin maksud ketidakmampuan di sini adalah etidakmampuan anak untuk menangkap suatu pelajaran tertentu. Memang itu wajar dan terlalu tidak enak jika dikatakan disabilities. Tapi berdasarkan kesepakatan serta riset hal tersebut digolongkan kedalam disabilities. Tapi sebenarnya, harus diingat satu hal, ketidakmampuan ini kerap diikuti oleh factor lain seperti nalar, konsentrasi, kemampuan mendengar, dan berbahasa. Jadi karena factor itu juga hal ini kerap dikatakan sebagai keidakmampuan dalam proses belajar.
Sumber :
Santrock, John . 2010. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Kencana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar