Perkuliahan Pedagogi 23 April 2012, hari ini tidak menimbulkan suasana
hangat seperti perkuliahan biasa. Mungkin karena ada kesalah pahaman antara dua
belah pihak. Tapi secara pribadi, saya rasa persentase kesalahan terbesar ada
pada mahasiswa. Mengapa????
Seperti biasa, Reza Yoga
Pratama (10-027) selalu menggunakan landasan teori Pedagogi
Ideal Spiritual karakteristik. Teori tersebut mengatakan bahwa
untuk membentuk sebuah karakter yang ideal bagi seorang individu, focus utama
terletak pada peserta bukan pengampu. Artinya, kitalah yang menentukan
bagaimana kita menjadi individu dengan karakter yang ideal. Sedangkan, dosen
pengampu menjadi fasilitator serta pengarah dan perangsang bagi serta didik.
Bagaimana hubungannya dengan pembelajaran sekarang??? Nah, setiap pertanyaan
yang diberikan oleh dosen pengampu merupakan salah satu perwujudan rangsangan
dan fasilitator kepada peserta didik agar seorang individu dapat bertanggung
jawab akan diri nya sendiri. Pada saat seorang individu tidak menjawab
pertanyaan dosen, apakah artinya itu?? Apakah mahasiswa itu sombong??? Apakah
siswa itu tidak focus??? Apakah siswa itu bosan??? Jawabannya belum tentu.
Tetapi yang pasti peserta didik tidak menerapkan Teori Pedagogi Ideal
karakteristik, karena peserta didik menganggap bahwa semuanya tanggung jawab
dosen pengampu dan peserta hanya sebagai peserta semata.
Konsep yang lain adalah kita sekarang menerapkan Learner-Centered Study
bukan Teacher Centered. Dasarnya,Jadi pada dasarnya bukan pengajar yang menjadi focus,
melainkan pendidik. So, pada dasarnya kuliah hari ini menyimpang dari teori di
atas, secara pribadi menurut saya. Tapi walaupun seperti itu, kesalahpahaman
adalah factor tersbesar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar